Hindari Beberapa Hal Berbahaya Berikut Dalam Proses Perawatan Bayi

Mungkin bagi sebagian orang tua memiliki anak atau bayi yang baru lahir akan seddikit merepotkan terlebih jika orang tua tersebut masih belum memiliki pengalaman dalam merawat bayi. Namun tak sedikit juga para orang tua yang merasa senang dan bahagia dengan adanya kehadiran sang buah hati. Nah dalam proses perawatan bayi memang tak boleh dilakukan secara sembarangan karena terdapat beberapa larangan yang perlu dihindari orang tua dalam mengasuh dan merawat bayi. Berikut ini beberapa hal yang perlu dihindari dalam proses perawatan bayi karena beberapa tindakan berikut bisa membahayakan kesehatan dan keselamatan sang bayi.

  1. Membersihkan bagian sensitif bayi terlalu keras

Selain masih memiliki kulit yang sensitif bayi khusunya bayi yang baru lahir masih memiliki organ tubuh yang masih belum terlalu matang sehingga anda perlu berhati-hati saat merawat dan membersihkannya. Dalam membersihkan bagian-bagian organ tubuh pada bayi seperti hidung, mulut dan telinga sebaiknya jangan terlalu keras.

  1. Jangan memandikan bayi yang sakit

Dalam memandikan bayi sebaiknya jangan melakukannya terlalu sore karena udara dingin menjelang malam hari sangat tidak bagus untuk sang buah hati. Selain itu ketika bayi seang dalam keadaan sakit seperti sakit panas atau demam alangkah baiknya jika anda tidak memandikannya terlebih dahulu karena dikhawatirkan hal tersebut dapat memperparah dan membuatkeadaan si kecil yang sedang sakit semakin memburuk.

  1. Membuang ASI pertama

Dalam beberapa adat istiadat, orang jaman dahulu biasanya membuang ASI pertama yang dikeluarkan oleh sang ibu. Hal ini dilakukan karena orang jaman dahulu menganggap jika ASI yang keluar pertama kali kualitasnya tak layak untuk dikonsumsi sang bayi. Hal ini tidaklah benar karena ASI pertama yang keluar dari sang Ibu merupakan cairan terbaik yang mengandung banyak nutrisi bagi sang bayi. Walaupun warnanya sedikit agak kuning namun cairan ini kaya akan kandungan protein, karbohidrat dan zat kekebalan tubuh. Selain itu cairan kuning yang disebut dengan istilah kolostrum ini juga rendah lemak sehingga sangat bagus untuk dijaddikann asupan nutrisi pertama terhadap bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *